Kondisi politik ekonomi sosial & budaya masa orde lama



Hasil gambar untuk foto masa orde lamaOrde lama atau yang di kenal dengan istilah rezim Soekarno ini di kenal juga dengan sebutan demokrasi terpimpin yang telah berlangsung semenjak tahun 1945 hingga tahun1865. Sebenarnya istilah dari orde lama sendiriadalah istilah yang di cetuskan pada masa pemerintahan presiden Soeharto di orde baru, dan memang belim tercetus ketika orde lama tersebut berlangsung dan mengalami kejayaan kala itu. Ketika jabatan dari Ir. Soekarno lengseng maka ada beberapa perubahan yang terjadi di NKRI dimana Indonesia menjadi sebuah negara yang berpeluang tinggi mengalami kemajuan.

Secara garis besar kondisi yang terjadi pada masa orde lama adalah sebagai berikut :

Kondisi politik
a.       Kondisi Negara masih dalam menikmati kemerdekaan, emosi nasionalisme yang dimiliki masih sangat tinggi, maraknya proyek mercusuar diamana dampak dari keinginan untuk terlihat lebih unggul di dalam pandangan bangsa asing.
b.      Di temukannya beberapa pengaruh negatif yang berasal dari perang dunia ke 2.

Kebijakan ekonomi
a.       Memiliki kebijakan ekonomi berupa ekonomi tertutup komunis atau sosialis

Kondisi ekonomi
a.       Tingkat dari inflasi masa ini masih sangatlah tinggi

Kondisi social
a.       Kualitas SDM yang menjadi kian terbatas

Kondisi budaya
Pada saat Orde Lama, Soekarno selaku Presiden sangat dekat dengan Partai Komunis (orang-orang Cina) karena saat itu, Indonesia sedang dijauhi Eropa karena Indonesia mengeluarkan diri dari PBB. Maka dari itu, masyarakat Komunis datang dan bekerja sama dengan Soekarno karena ada kecocokan.
Orde Lama dalam sejarah politik Indonesia merujuk kepada masa pemerintahan Soekarno (1945-1965). Istilah ini tentu saja tidak digunakan pada saat itu, dan baru dicetuskan pada masa pemerintahan Soeharto yang disebut juga dengan Orde Baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kondisi politik ekonomi sosial & budaya masa orde baru

dasar desain grafis

cara instal xampp windows OS